Wednesday, June 15, 2016

Pengalaman Daftar Ulang SNMPTN



Assalamualakum

Hallo semuanya…..!

Hampir sebagian besar siswa yang telah lulus SMA mendambakan berkuliah di Perguruan Tinggi. Gimana dengan lo? Udah lolos masuk PTN/PTS yang lo idam-idamkan? Nah, buat yang udah lolos, entah itu lewat SNMPTN, SBMPTN, maupun Jalur Mandiri, selamat ya….!




Tanggal 9 April 2016 adalah hari dimana gue tau bahwa gw lolos SNMPTN. Happy? Jangan ditanya, udah kaya ketiban durian runtuh dan kulitnya empuk jadi gak bikin kepala bocor (apa sih ini). Gue bahagia karena gue menjadi salah satu dari sekian banyak siswa di Indonesia yang lolos jalur SNMPTN, dan kebetulan pilihan gue adalah UPN “Veteran” Yogyakarta jurusan akuntansi. Tapi buat kamu yang belum lolos SNMPTN jangan khawatir masih banyak jalur yang bisa lu ambil buat masuk Universitas yang lo mau, kaya jalur SBMPTN, jalur mandiri, dan masih banyak lainya.

Ok, setelah gue tau kalau gue lolos SNMPTN,  gue langusng cari info camaba (Calon Mahasiswa Baru) lain yang juga lolos SNMPTN di UPN “Veteran”  Yogyakarta. Gue langsung search di twitter dan akhirnya nemu juga akun Camaba UPN. Kebetulan di akun tersebut ada grup Line buat para mahasiswa baru dan gue langsung gabung ke grup tersebut. Perlu diketahui, grup semacam ini penting banget buat lu yang haus akan informasi tentang daftar ulang, karena lu bisa saling bertukar informasi dengan calon mahasiswa lain.

Setelah semua berkas terkumpul, tiba saatnya gue berangkat dari Bekasi ke Jogja buat daftar ulang. Gue berangkat bareng orang tua dan kakak gue naik mobil  tepatnya H-1 dan tiba di hari yang sama. Kenapa bareng keluarga? Karena sekalian mudik dan kalau ada apa-apa bisa ada yang bisa bantu-bantu. Setelah sampai di Jogja gue langsung bermalam di rumah Nenek gue yang ada di Bantul.

Keesokan paginya  gue berangkat ke kampus buat daftar ulang. Hal pertama di pikiran gue ketika menginjakan kaki di Kampus UPN “Veteran”  Yogyakarta itu beda sama yang gue liat di internet, jauh lebih luas dari ekspektasi gw. Suasana di kampus waktu itu cukup ramai karena kebetulan bertepatan dengan tes SBMPTN di Kampus UPN. Orang tua nganter gue nyari gedung dimana daftar ulang dilaksanain.  Setelah gue tau gedungnya, gue bilang ke orang tua  klw gue bisa sendiri, karena menurut gue daftar ulang bakal lama dan kasian juga klw orang tua gue nungguin di depan pintu. Mending mereka nunggu di mobil soalnya bisa sekalian bersantai…

Setelah gue ada di Gedung Fakultas Ekonomi, gue bingung harus ngapain. Tiba-tiba ada anak yang nyamperin gw dan nanya juga tentang daftar ulang, dia asal Padang namanya Fauzan (kalau gak salah) dari jurusan management. Karena kebetulan management dan Akuntansi di gedung yang sama, akhirnya kita cari tau bareng tentang prosedur daftar ulang. Gue juga calling-callingan sama temen grup gw buat ketemuan. Setelah gue dan Fauzan nemu ruang masing-masing kita mulai berpencar  dia MD-03 dan gw MD-02. Gw gabung sama anak2 grup di Line yang jurusannya sama. Setelah ngobrol banyak sama anak-anak lain pintu daftar ulang belum dibuka. Jadwal daftar ulang pukul 8 pagi, tapi sampai jam 10 pintu masih tertutup. WTF…! Ternyata pintu MD-02 dan pintu MD-03 itu masih satu ruangan dan yang dibuka waktu itu cuma MD-03. Pantes aja di luar mulai sepi.

Setelah masuk ruangan gue dikasih macam form gitu yang harus diisi dan harus ditandatanganin orang tua. Untung aja orang tua gue masih di kampus. Setelah ngumplin berkas dan formulir tadi gue langsung keluar ruangan. Dan pas di luar gue ketemu lagi sama si Fauzan. Dia tanya ke gue apa gue udah selesai atau belum. Gue jawab “udah selesai kok” setelah itu gue tanya balik ke Fauzan tentang formulir. Ternyata formulir yang tadi belum belum ditandatangani orang tuanya. Jadi dia harus ngirim hasil scan formulir tadi ke ortunya di Padang buat di tandatangin di atas materai. Dan gak cuma itu,  form yang udah ditandatangi orang tuanya perlu dikirim via Pos dari Padang ke Kampus UPN. Gue gak bisa bayangin klw gue jadi dia. Setelah itu gue pamit ke si Fauzan karena emang gue harus ke Bantul (rumah nenek gue) buat siap-siap pulang ke Bekasi.

Perlu diketahui tiap Universitas punya kebijakan dan aturan tersendiri dalam daftar ulang. Bahkan Universitas yang sama bisa memiliki cara yang berbeda tiap tahunnya untuk memudahkan para calon mahasiswa. Maka dari itu, pengalam gue yang satu ini jangan dijadikan tuntunan mutlak ya… 

Dah dulu ya semuanya…. Semnagat selalu buat masa depan kalian

Wassalamu'alikum…..

2 comments:

  1. Mau nanya. Dulu sambil nunggu hasil snmptn daftar sbmptn dan ujian mandiri ptn/tes pts lainnya juga gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales, kebetulan waktu itu beneran pasarah sekaligus pede jadi gak daftar SBMPTN. Dan pas 2016, kebanyakan temen-temen daftar SBMPTN setelah pengumuman SNMPTN...

      Delete