Friday, January 12, 2018

Bimbang SNMPTN? Ini Cerita Gue


Buat kalian yang sekarang lagi duduk di kelas 12 (kelas III SMA/SMK/Sederajat) pasti sekarang lagi pusing-pusingnya. Ya itu emang wajar, malah kalau kalian gak pusing berarti hidup kalian kurang gereget. Loh kenapa pusing? Bayangin, kalian harus try out sana sini, ikut les atau bimbel buat prepare UNBK (UN Jaman Now) dan pastinya hadapin UNBK-nya itu sendiri, belom lagi kalian harus mikirin SNMPTN. Menurut pegalaman pribadi gue SNMPTN itu lumayan membingungkan.
Tapi, cara mengurusnya gak susah karena nanti pasti dibantu pihak sekolah buat ngurusin hal tersebut. Yang bikin pusing atau bingung itu ketika kita harus nentuin  di kampus mana dan  jurusan apa nantinya. Gue mau berbagi cerita ketika masih jaman-jamannya daftar SNMPTN sampai kuliah di salah satu PTN di Yogyakarta (saat artikel ini ditulis gue masuk semsester 4).

Daftar SNMPTN Ala-ala….
Cerita dimulai ketika guru di SMA ngasih blangko kosong buat pendaftaran SNMPTN. Saat itu gue cuma isi biodata diri sama PTN yang dituju (termasuk Jurusannya). Saat itu gue inget banget kalau gue pilih ITB dengan Fakultas MIPA, maklum saat itu gue pengen jadi astronom dan selanjutnya gue juga pilih Unsika di jurusan Akuntansi, walapun gue dari IPA gue tetep belajar Akuntansi sebagai lintas minat pas SMA. Singkat cerita gue sama temen-temen gue dah dapet Username dan Password buat login SNMPTN dari pihak sekolah. Ketika hujan syahdu turun, kelas gue dipanggil masuk ke Lab. Komputer buat input PTN dan Jurusan. Saat itu kita dituntun bagaimana proses penginputan PTN dan Jurusan oleh operator dan guru BK (Bu Dela dan Bu Tami waktu itu). Gue klik PTN dan jurusan gak sesuai dengan yang gue tulis di blangko karena beberapa pertimbangan. Keputusan yang gue ambil yakni pilih UNPAD (Jurusan Kedokteran & Jurusan Akuntansi) dan UPI (Pend. Akuntansi).  Setelah sampai rumah gue mikir lagi kalau probabilitas keterima di Kedokteran UNPAD amat sangat kecil. Bagaimanapun gue nyadar diri karena Kedokteran UNPAD itu ibarat nyari hadiah 50k di ciki panser, dan detik itu juga gue langsung konsultasi ke orang tua gue. Setelah terjadi perundingan yang hampir alot akhirnya gue yakinkan diri gue sendiri untuk merubah pilihan sebelumnya dan keputusan finalnya yakni UPN (Jurusan Teknik Kimia & Jurusan Akuntansi) dan UPI (Pend. Akuntansi). Gue waktu itu ngerubah sendiri di websitenya karena belum gue lock dan masih inget username dan passwornya. Setalah kelar yang gue lakuin cuma nunggu pengumuman sambil prepare UN. 

Pengumuman Telah Tiba
Tanggal 9 Mei 2016 adalah waktu pengumuman. Ketika hari itu datang, perasaan gue campur aduk, mulai dari kepo, deg-degan, dan takut, tapi mau gak mau gue harus buka. Ketika liat pengumauman di internet *jeng, jeng, jeng… DI situ gue tau kalau Gue masuk ke dalam Tim Biru yang artinya gue lolos SNMPTN. Seneng pastinya, tapi di saat yang bersamaan gue mikir kalau banyak di luar sana yang patah hati karena masuk tim merah.
Gak lama setelah gue tau kalau gue keterima gue langsung cari info di twitter, sipa tau ada akun resmi atau apa gitu. Gak lama mencari dengan beberapa kata kunci akhirnya gue dapet akun resmi dan nyediain grup chat LINE khusus mahasiswa baru yang lolos SNMPTN di UPN. Disitu gue dapet banyak informasi yang dibutuhin buat daftar ulang serentak. Untuk pengalaman daftar ulang gue dah buat artikel khusus sebelumnya, tinggal klik disini aja.

Jadi buat kalian yang masih bingung pilih PTN apa dan jurusan apa kuncinya ikuti kata hati dan liat peluang yang ada. Konsultasi ke orang tua atau guru BK cukup membantu dalam mengambil keputusan. Mungkin segini aja sharing tentang SNMPTN dari gue. Bua yang mau konsultasi, cerita pengalaman, atau tanya-tanya (tentang SNMPTN, dunia kuliah, atau apa aja) bisa komen di bawah.

No comments:

Post a Comment