Monday, May 15, 2017

SDGs : Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi




Pertumbuhan ekonomi merupakan kemampuan suatu negara menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Berbicara mengenai pertumbuhan ekonomi, Indonesia merupakan negara yang memiliki petumbuhan ekonomi yang pesat. Jika dibandingan dengan negara-negara lain di dunia, Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 5,04% dan menjadikan tertinggi ke-3 di dunia, dibawah Tiongkok dan India. Namun tingginya pertumbuhan ekonomi harus diimbangi dengan pertumbuhan yang merata. Banyaknya angka pengangguran membuat kesenjangan ekonomi yang sangat tinggi antara si kaya dan si miskin.


Peningkatan taraf petumbuhan ekonomi diharapkan akan berdamapak kepada penurunan angka pengangguran karena membuka peluang lapangan pekerjaan. Perkerjaan yang layak menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu PBB mengagendakan program  pembanguan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan salah satunya adalah Pekerjaan yang Layak dan Pertumbhan Ekonomi. Maksud dari pekerjaan yang layak yakni memberikan kesempatan kerja aman dan kreatif bagi masyarakat, mendorong pekerjaan bagi semua golongan (pria, wanita, maupun difabel), mengurangi jumlah pengangguran di generasi muda melalui pelatihan serta pendidikan keterampilan, mecegah dan mengakhiri buruh anak atau dibawah umur, dan secara global meberikan pekerjaan bagi generasi muda.

Selain yang disebutkan sebelumnya, upaya-upaya untuk meningkatkan produktivitas juga sudah dilakukan secara nyata oleh pemerintah, antara lain dengan memberikan kemudahan memperoleh KUR atau Kredit Usaha Rakyat dengan bunga sangat rendah, yaitu 9%. Tahun 2017 direncanakan bunga lebih rendah lagi, 7%. Melalui kemudahan akses mendapatkan modal, geliat produktivitas akan meningkat lebih cepat. Hal tersebut diharapkan dapat memcu kegiatan ekonomi yang kreatif di masyarakat.

No comments:

Post a Comment