Sunday, February 5, 2017

Film-Film Sedih yang Bisa Bikin Ngembeng Bawang Bombay Versi Gue



Banyak genre film mulai dari horror, komedi, sampai drama romansa. Gue sendiri sebenernya lebih suka film yang bergenre Fikisi Ilmiah (Sciene-Fiction) kaya Hunger Games, Last day on Mars, Predestination, dan lain-lain. Tapi gak menutup kemungkinan gue nonton film genre yang lain. Banyak film yang membekas khususnya film yang harus lu tonton sambil ditemani tisu.
Eits, jangan mikir yang lain kalau denger kata tisu, maksud gue tisu buat nemenin lu saat sedih dan galau saat nonton film. Film bikin mewek? Gue bukan orang yang gampang nangis kalau nonton film, bahkan temen-temen gue menjuluki gue sebagai manusia batu karena ketika temen-temen gue nonton bareng film yang membuat mereka nangis dan gue cuma biasa aja. Tapi bukan berarti gue gak pernah ngeluarin air mata saat nonton. Kali ini gue mau share beberapa film yang berkesan dan berhasil bikin gue ngembeng-ngembeng bawang bombay.


1.       Hachi : A Dog’s Story /A Dog's Tale (2009)
Film ini diangkat dari kisah nyata di Jepang tentang seekor anjing yang setia terhadap majikannya. Setiap hari anjing yang bernama Hachiko rela menunggu sang majikan pulang di stasiun (Stasiun dalam cerita asli adalah stasiun Shibuya). Namun, suatu ketika Hachiko terus mununggu dan menunggu sang majikan yang ternyata telah meninggal. Bertahun-tahun Haciko menunggu sampai akhir hayatnya.

2.       The Way Home / Jiburo (2002)
Merupakan film yang berasal dari Korea Selatan dan menceritakan tentang nenek renta yang tuli dan seorang cucu nakal (Sang Woo) yang diajak tinggal di sebuah desa. Merasa tidak bahagia tinggal dengan nenek yang tuli, membuat Sang Woo terus terusan mengolok-olok dan merengek kepada neneknya. Namun, sang nenek yang hidup serba sederhana tetap mencintainya. Sampai akhirnya nenek Sang Soo jatuh sakit dan rasa cinta dari nenek Sang Woo membuat hati Sang Woo luluh. Perpisahan pun tidak dapat dihindari ketika Sang Woo harus kembali ke Kota. Namun, banyak pelajaran yang dapat ia petik selama tinggal bersama neneknya di desa.

3.       Laskar Pelangi (2008)
Film yang satu ini memang film yang bertema pendidikan, namun bukan berarti Laskar Pelangi gak bisa bikin ngembeng-ngembeng bawang bombay. Mulai dari semangat sekolah yang luar biasa dari anak-anak di Belitung sampai perpisahan seorang Lintang yang jenius dan terpaksa berhenti sekolah karena harus menjadi kepala keluarga selepas ayahnya melaut dan tak pernah kembali.

4.       Ayat-Ayat Cinta (2008)
Film yang menceritakan tentang cinta segitiga ini luar biasa antara Fahri, Aisha, Mariah. Beda dengan cinta segitiga yang mainstream, di Ayat-Ayat Cinta kita bakal disuguhkan cerita yang luar biasa dan dibumbui dengan alur religi.


5.       Grave of The Fireflies / Hotaru no Haka (1988, 2005, 2008)
Film ini berlatar Perang Dunia ke-2 dan menceritakan sepasang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Mereka berdua bertahan hidup di situasi mencekam dan tinggal bersama bibinya. Namun, Seita dan setsuko diusir secara halus dan mereka berdua memilih tinggal di gua buatan dekat danau dan menggunakan kunang-kunang sebagai alat penerang. Segala cara sang kakak lakukan demi merawat sang adik termasuk dengan mencuri walaupun hingga babak belur. Film ini berdasarkan cerita semi otobiografi karya Akiyuki Nosaka dengan judul yang sama. Cerita ini pertama kali dibuatkan film pada tahun 1988 dalam bentuk animasi. Kemudian pada tahun 2005 NTV membuat Drama Televisi dalam bentuk live-action. Dan pada 2008 dibuat kembali film Hotaru no Haka dalam bentuk live-action. Dan menurut gue ke-3 versi sama-sama bikin lu jadi sedih. Tapi yang paling bikin nampol live-action yang dibuat tahun 2005. Jadi gue saranin nonton animasinya baru nonton live-action-nya.


Nah, itulah bebrapa film yang bisa bikin gue ngembeng-ngmbeng bawang bombay. Menurut lu film mana yang paling bikin ngembeng atau ada film lain. Jangan lupa kasih komentar ok. Shaaaaap....

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Pengen nonton Hotaru no Haka. Sepertinya menyentuh banget filmnya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tonton aja, dijamin gak bakal nyesel. Tapi sedia tisu sebelum nonton. Makasih ya udah mampir

      Delete